Ini 9 Manfaat Yang Kamu Peroleh Saat Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Ini 9 Manfaat Yang Kamu Peroleh Saat Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Saat ini Indonesia sedang memasukin revolusi industri 4.0, yang mana semua hal dapat dilakukan menggunakan internet termasuk berbelanja. Maraknya transaksi belanja online, tentunya membuat jasa ekspedisi pengiriman semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Baik itu untuk mengirim barang ke customer maupun untuk mengirim barang dari supplier ke penjual. Belum lagi saat ini banyak online shop yang menjual barang-barang impor dari luar negeri seperti Jepang, Korea, China, Bangkok hingga Amerika (US) yang semuanya tentu membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman barang.
Dengan berbelanja online, kita dapat menghemat waktu karena tidak perlu mendatangi toko serta dapat menghemat uang karena tidak perlu mengeluarkan ongkos. Bahkan banyak online shop atau e-commerce ternama yang memberikan diskon setiap harinya. Jadi apa sih ekspedisi itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ekspedisi adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya; perusahaan pengangkutan barang. Pengiriman barang atau ekspedisi memiliki tiga jenis jalur transportasi yaitu pertama jalur darat yang menggunakan kendaraan darat seperti truk, tronton, mobil van dan kereta api. Kedua jalur laut yang menggunakan kapal laut seperti feri, kapal kontainer, kapal barang (cargo), dan kapal Bulk Carrier. Dan terakhir jalur udara yang menggunakan pesawat terbang, biasanya perusahaan ekspedisi atau cargo bekerja sama dengan maskapai penerbangan dalam melakukan pengiriman barang.
Apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan jasa ekspedisi pengiriman? Yuk simak manfaatnya berikut ini.

  1. Hemat Waktu
    Ada beberapa jasa ekspedisi pengiriman yang menyediakan pick-up barang di tempat pengirim. Dengan begitu, pengirim tidak perlu lagi menghabiskan waktu di jalan untuk mengantarkan barang ke tempat ekspedisi.
    Bagi penjual khususnya, waktu yang harusnya terbuang untuk mengantar barang bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat seperti melakukan pengecekan stock barang, membalas pesan dari pelanggan hingga melakukan pengemasan barang. Dengan begitu tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma.
  2. Memangkas Jarak
    Jika Kamu atau keluargamu tiba-tiba ada yang menginginkan pie susu khas Bali, apakah Kamu langsung terbang untuk membeli pie susu tersebut dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk pesawat? Tentu tidak, rasanya sayang membuang waktu dan uang hanya untuk hal tersebut.
    Karena itu jasa ekspedisi dibutuhkan. Dengan jasa ekspedisi pengiriman, Kamu hanya perlu mengontak penjual pie susu yang berada di Bali dan lakukan transaksi pembelian. Maka pie susu pesananmu akan diantar. Kamu tidak perlu lagi bingung memikirkan ongkos pesawat yang tidak murah hanya untuk sekotak pie susu.
  3. Pesanan Cepat Sampai Tujuan
    Ingin memesan oleh-oleh khas daerah namun takut basi? Jangan khawatir, karena saat ini banyak ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman kilat atau express yang hanya membutuhkan waktu pengiriman satu hari. Dengan begitu kamu hanya perlu duduk manis, hingga menunggu pesananmu datang tanpa khawatir pesananmu akan basi atau berjamur.
  4. Hadir Dengan Asuransi
    Kini banyak perusahaan ekspedisi yang menyediakan asuransi, jadi jika barang yang kita kirim mengalami kerusakan atau hilang, pihak ekspedisi akan menggantinya. Jadi pengirim tidak perlu lagi khawatir jika paket mengalami kerusakan atau hilang saat pengiriman.
    Namun perlu diperhatikan jika beberapa jasa pengiriman menyediakan asuransi pengiriman barang memiliki tipe cover ganti rugi yang berbeda.
    Lalu kapan kita harus menggunakan asuransi? Kamu bisa menggunakan asuransi jika barang yang dikirim memiliki nominal diatas Rp 1.000.000, barang yang nilainya 10x lebih mahal dari ongkos kirim serta dokumen berharga.
  5. Memudahkan Pengiriman Barang Dalam Jumlah Besar
    Untuk pedagang besar, biasanya menyuplai stock barang dalam jumlah yang tidak sedikit. Karena itu dibutuhkanlah jasa pengiriman cargo yang menggunakan kontainer untuk pengiriman barang. Dengan container, barang sebesar apapun bisa dikirim seperti perabotan rumah yang berukuran besar (lemari, tempat tidur atau meja rias) atau bahkan kendaran (mobil dan motor).
    Selain itu saat ini banyak juga jasa pengiriman mobil, jasa pengiriman motor hingga jasa angkut alat berat. Yang semuanya di angkut menggunakan kapal laut yang memang memiliki kapasitas ruang yang lebih besar jika dibandingkan pengiriman menggunakan cargo udara ataupun darat.
  6. Mudah Untuk Dilacak
    Setiap jasa pengiriman pasti memberikan resi kepada pengirim yang berguna untuk melacak lokasi keberadaan paket. Apakah paket tersebut masih berada di kantor cabang ekspedisi, sudah di kurir pengiriman atau sudah sampai di penerima barang.
    Selain untuk melacak keberadaan paket, resi juga digunakan sebagai alat untuk melakukan komplain ke pihak jasa pengiriman jika barang yang dikirim tidak sampai, tertukar, rusak atau bahkan hilang selama proses pengiriman.
    Nah biasanya, detail mengenai asuransi juga berada di satu slip atau kertas yang sama dengan resi. Jadi pastikan resimu jangan sampai hilang ya. Dan untuk penjual, pastikan Kamu memberikan resi setelah mengirimkan paket ke pihak ekspedisi.
  7. Dapat Menjangkau Daerah Terpencil
    Ingin mengirim paket ke saudara di kampung halaman yang letaknya terpelosok? Kini, Kamu tidak perlu lagi khawatir jika paket tidak akan sampai. Karena saat ini banyak jasa ekpedisi yang mampu menjangkau berbagai daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali, NTT, NTB, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku hingga Papua. Bila daerah tersebut tidak memiliki lapangan terbang (bandara), maka bisa menggunakan jalur laut yang nantinya dilanjutkan dengan jalur darat.
  8. Tidak Perlu Khawatir Akan Tarif Pengiriman
    Kamu tidak perlu lagi khawatir akan mahalnya tarif pengiriman karena saat ini untuk jenis paket dibawah 1kg Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 9.000 sampai Rp 11.0000. Sedangkan untuk paket dalam jumlah besar, Kamu bisa menggunakan jasa cargo laut yang memiliki tarif lebih murah dibandingkan cargo udara.
  9. Memudahkan Ekspor Impor
    Ingin menjual komestik Korea namun tidak memungkinkan untuk menyuplai barang langsung dari Korea? Jangan khawatir, Kamu bisa menggunakan jasa cargo untuk mengimpor barang daganganmu. Biasanya para pedagang lebih menyukai menggunakan cargo laut saat mengimpor barang dagangan dari luar negeri karena biasanya pengiriman lewat laut lebih mudah masuk ke Indonesia dibandingkan jika melewati jalur udara atau pesawat yang memang memiliki peraturan lebih ketat dibandingkan kapal laut.
    Bingung memilih jasa pengiriman barang? Kamu bisa memilih dan mempercayai Boska Transportama untuk mengirimkan barang daganganmu. Boska merupakan jasa pengiriman barang termurah yang menyediakan jasa pengiriman motor, jasa pengiriman mobil, hingga jasa pengiriman alat berat.
    Boska Transportama juga hadir dengan beragam jalur transportasi udara, darat dan laut. Untuk jalur udara, Boska memiliki pengalaman bertahun-tahun bekerja sama dengan maskapai penerbangan yang memastikan paket kirimanmu sampai dengan aman. Untuk jalur darat, Boska menggunakan truck Straight Truck, Dry Van (Enclosed) Trailer, Flatbed (Flat Bed) Trailers, Lowboy Trailer dan Specialized Trailers. Sedangkan untuk jalur laut, Boska menggunakan kapal RORO, container dan kapal konvensional.
    Tunggu apalagi? Percayakan barang kirimanmu dengan Boska Transportama.
    (Elvirarnld)

Leave a Reply