Prosedur Ekspedisi Pengiriman Motor Yang Sebaiknya Anda Tahu

Prosedur Ekspedisi Pengiriman Motor Yang Sebaiknya Anda Tahu

Selain motor, banyak juga orang melakukan pengiriman sepeda motor ke luar daerah bahkan sampai antar pulau sekalipun. Tak hanya untuk keperluan bisnis jual beli saja melainkan sifatnya pribadi.

Meskipun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan roda empat namun tetap saja termasuk barang berharga dengan nilai jual tak sedikit harganya. Oleh sebab itulah bagi yang ingin melakukan ekspedisi motor maka harus mencari berbagai informasi penting seputar pengirimannya terlebih dahulu. Seperti menghitung perkiraan biaya, menentukan perusahaan jasa, estimasi waktu, fasilitas dan pelayanan pihak tersebut.

Jangan sampai Anda kecewa karena barang bermasalah seperti sampainya lama, rusak, mesin mati, lecet, dan lain sebagainya. Sebelumnya ada hal-hal tertentu yang sebaiknya menjadi perhatian oleh pemilik motor, sebelum mengirim motor, seperti:

  1. Asuransi keselamatan selama pengiriman.
  2. Mengecek kondisi sepeda motor pada bagian body dan mesin motor.
  3. Sistem keamanan selama pengiriman berlangsung sampai ke alamat tujuan.
  4. Cara packing dan perlindungan tambahan pada bagian tertentu selama pengiriman.

Bagaimana Prosedur Jasa Ekspedisi dalam Mengirim Motor?

Jika diperhatikan, terdapat banyak jasa pengiriman motor yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Tak begitu heran jika banyak orang begitu mengandalkan jenis pelayanan yang satu ini tanpa merasa bingung ataupun risau sama sekali.

Jika ingin mengangkut barang maka tinggal mendaftar di jasa ekspedisi terdekat, kemudian membawanya ke kantor lalu mengurus proses yang biasanya bias selesai dalam waktu yang singkat. Setelah beberapa hari kemudian barang dapat diterima dengan kondisi baik di tempat tujuan. Sementara itu biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal tetapi tetap bergantung pada data kendaraan, lokasi tujuan, dan jenis pengiriman yang nantinya dipilih. Sejauh ini hanya ada dua macam pelayanan saja yang disediakan seperti:

1. Jalur Darat atau menggunakan truk

Jalur darat ini sering disebut juga dengan sistem trucking karena sebagaina besar diangkut menggunakan truk atau motor box berukuran besar. Misalnya saja truk Fuso, trailer, tronton, dan lain sebagainya. Biasanya motor yang jumlahnya banyak akan diangkut pada bagian belakang truk yang terbuka.

Berbeda jika hanya satu atau dua unik sepeda motor saja maka dapat menggunakan self driving atau jenis truk berukuran kecil. Selain itu dapat pula menggunakan armada kereta api dimana menjadi favorit masyarakat perkotaan. Tak hanya murah tetapi pengiriman kereta memakan waktu lebih cepat karena jadwal keberangkatannya selalu tepat waktu.

Bukan pihak pengirim maupun perusahaan jasa ekspedisi yang mengatur keberangkatan namun merekalah yang harus menyesuaikan diri dengan jadwal pengiriman kereta api. Selain itu pengiriman motor dengan menggunakan kereta api termasuk aman karena motor dimasukkan kedalam gerbong tertutup dan dijaga ketat oleh para petugas keamanan.

2. Jalur Laut

Selain jalur darat, pengiriman motor bisa dilakukan menggunakan jalur laut. Terdapat berbagai macam jenis armada kapal pengangkut barang berat dan jumlahnya besar. Seperti misalnya kapal pelni, kapal roro, tongkang, cargo, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu terdapat kebijakan atau peraturan yang wajib dipenuhi, misalnya saja batas maksimun motor yang diangkut, jenis dan tipe, kondisi mesin dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan proses ekspedisi selama berlayar.

Jalur laut menjadi alternatif terbaik jika ingin melakukan jasa pengiriman motor antar pulau karena kapal bisa menjangkau berbagai daerah khusus dan terpencil sekalipun. Selain itu kapasitas ruang penyimpanan atau kabin teramat luas sehingga para pengirim tidak perlu mengantri lama karena kapal bisa langsung berangkat berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan

Setelah menentukan jalur pengiriman yang setuju untuk dipilih, maka hal selanjutnya yang patut diperhatikan adalah berapa tarif pengiriman motor. Masyarakat seringkali menduga jika biayanya akan sangat mahal karena dihitung berdasarkan berat dari kendaraan tersebut. Padahal penentuan biaya atau ongkos kirim tentunya meliputi berbagai macam hal, diantaranya seperti berikut.

  1. Menghitung terlebih dahulu berat sepeda motor berdasarkan jenis atau tipenya. Kendaran memiliki banyak jenis,dan tiap jenis tentu memiliki harga yang berbeda beda, contohnya motor bebek 100kg, offroad 150kg, Vespa 200kg dan lain sebagainya.
  2. Mengecek kapasitas mesin karena dapat memengaruhi tarif paket pengiriman. Bagian ini berlaku dalam kondisi tertentu saja, seperti jarak antar kota atau daerah terdekat.
  3. Memperhitungkan estimasi waktu dan lokasi pengambilan barang. Semakin jauh jaraknya maka harga yang dibayarkan juga bertambah mahal. Terlebih lagi Anda ingin menggunakan jasa pengantaran dari pihak perusahaan ekspedisi.
  4. Perhitungan fasilitas yang akan digunakan, seperti jasa packing, bongkar muatan, asuransi motor, dan keamanan ekstra.

Karena ada banyak hal perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ekpedisi kendaraan roda dua  antar pulau maka carilah jasa ekspedisi terpercaya. Jangan hanya berpatokan pada biaya pengiriman motor yang murah saja namun juga lihat bagaimana kualitas, keamanan dan kelengkapan pelayanan dari pihak ekspedisi tersebut, juga tengok seberapa besar tanggung jawab yang ditawarkan oleh pihak ekspedisi apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan ketika sedang dilakukan pengiriman.

3. Jasa Ekspedisi Motor  Terpercaya dengan Boska Transportama

Kendaraan Anda adalah salah satu aset paling berharga yang Anda miliki. Ini menghubungkan Anda ke semua bidang kehidupan, termasuk pekerjaan, keluarga, perjalanan liburan, dengan begitu harus dilakukan dengan benar.

Boska Transportama menyediakan layanan pengiriman motor terbaik dan murah. Kami akan berusaha menghilangkan kekhawatiran Anda dengan memberi Anda lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

Kami melakukannya lebih baik daripada siapa pun dalam bisnis karena kami tahu bisnis lebih baik daripada siapa pun. Kami adalah perusahaan yang dibangun oleh driver yang tahu bahwa kami hanya sebagus langkah terakhir kami, dan kami ingin membawa pengalaman, sumber daya, dan layanan kami untuk membuat langkah berikutnya dan setiap langkah berarti bagi semua pihak.

4. Mengatur Transportasi Kendaraan

Mengatur transportasi kendaraan adalah proses yang cukup mudah tetapi bisa memakan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya, jadi penting bagi Anda untuk merencanakan terlebih dahulu terutama jika Anda mengangkut kendaraan secara nasional.

Perusahaan angkutan akan memerlukan beberapa hari untuk merencanakan rute terbaik, sehingga mereka dapat mengirimkan kendaraan dengan cepat dan efisien; ini pada gilirannya memastikan bahwa Anda mendapatkan harga yang kompetitif. Perusahaan yang kompeten untuk melakukan ekspedisi ini adalah Boska Transportama.

Pengiriman Motor Dengan Boska Transportama

Jika Anda ingin mengangkut kendaraan, Anda memerlukan keahlian dari perusahaan pengiriman kendaraan spesialis. Mereka akan dapat memberi saran kepada Anda tentang berbagai opsi yang tersedia, serta dokumentasi yang relevan yang harus Anda miliki untuk menyelesaikan pengiriman.

Boska Transportama dapat membantu Anda di setiap tahap proses dengan membantu mencocokkan kebutuhan Anda dengan perusahaan transportasi kendaraan yang paling cocok, dan karena secara harfiah ada 100 yang dapat dipilih sehingga Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dan layanan terbaik.

Leave a Reply