Jasa Rental Kendaraan Saat Mudik

Jasa Rental Kendaraan Saat Mudik

Berlibur merupakan satu hal yang paling disukai setiap orang. Saat berlibur kita bisa menghilangkan penat akibat menumpuknya pekerjaan di kantor, dengan berlibur juga kita bisa mendapatkan waktu yang menyenangkan bersama keluarga.
Warga Indonesia sendiri untuk berlibur biasanya kebanyakan memilih daerah pegunungan seperti Bandung, Bogor, pantai seperti Bali dan Pelabuhan Ratu atau perkotaan seperti Malang dan Yogyakarta.


Untuk berlibur, banyak keluarga yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Namun banyak juga yang lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api atau kapal laut. Bagi mereka yang memilih menggunakan transportasi umum, pasti mengalami kesulitan saat berada di daerah tujuan berlibur. Karena tanpa adanya mobil pribadi, sudah pasti untuk mendatangi satu tempat wisata ke tempat lainnya harus menggunakan transportasi umum yang berbeda-beda. Meskipun saat ini sudah banyak transportasi online, namun terkadang biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Karena biasanya transportasi online menggunakan perhitungan high fare/ kenaikan tarif di jam sibuk, kenaikan tarif juga tidak sedikit karena bisa mencapai 2x lipat dari harga asli.
Tidak ada salahnya jika kita memilih menggunakan rental mobil saat berlibur. Selain memiliki variasi harga, dengan menyewa rental mobil tentunya akan memudahkan kita untuk mendatangi tempat wisata yang berbeda lokasi.


Memilih jasa rental mobil juga tidak bisa sembarangan, karena banyak yang mengalami hal tidak menyenangkan saat menggunakan jasa rental mobil. Seperti terkena penipuan hingga kualitas mobil yang kita sewa tidak sesuai dengan harga yang dikeluarkan.
Nah berikut ini tips yang bisa kamu simak untuk memilih rental mobil yang tepat saat berlibur bersama keluarga.

1. Lihat Review Pelanggan Lainnya.
Mengecek review pelanggan sebelumnya memang terkesan remeh namun ini merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengecek review pelanggan sebelumnya kita bisa mengetahui bagaimana kualitas mobil dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa rental mobil yang akan kita gunakan. Namun, kamu juga harus waspada mengenai testimoni hasil screenshot chat. Karena bisa saja testimoni tersebut palsu, karena itu kamu harus memperhatikan bentuk font dan juga warna dari chat tersebut. Jika fontnya berbeda, biasanya itu adalah testimoni editan/buatan.


Saat ini banyak rental mobil yang memiliki media social, kamu bisa mengecek testimoni di media social perusahaan tersebut. Atau jika perusahaan rental mobil sudah terdaftar di Google Maps, kamu juga bisa mengecek lewat ulasan yang ada. Caranya, ketikkan nama perusahaan jasa rental mobil pilihanmu. Lalu klik perusahaan tersebut di Google Maps, kemudian pilih review atau ulasan. Selain ulasan, kamu juga bisa melihat pertanyaan yang diajukan pelanggan lain lewat bagian Tanya Jawab.
Ada baiknya sebelum berlibur, kamu buat list dari perusahaan rental mobil yang ada di kota tujuan. Dari list tersebut kamu bisa membandingkan harga dan kualitas yang ada. Kamu bisa memilih perusahaan jasa rental mobil yang memiliki review paling bagus dibanding yang lainnya.

2. Pesan Mobil Jauh Sebelum Liburan Tiba
Tips kedua adalah perhatikan waktu penyewaan mobil. Pastikan kamu menyewa mobil jauh-jauh hari sebelum liburan tiba. Siapkan kapan waktu penyewaan dan berapa lama kamu akan menyewa mobil tersebut.
Menyewa jauh-jauh hari juga akan meminimalkan resiko tidak tersedianya mobil. Karena biasanya permintaan sewa mobil meningkat pada saat weekend, long weeekend dan juga musim liburan.


Selain itu, dengan menyewa dari jauh hari kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan jika kamu menyewa secara mendadak di hari libur.
Perhatikan juga promo yang ditawarkan, sehingga tentunya akan menghemat pengeluaranmu saat berlibur.

3. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan
Jika kamu berlibur dengan keluarga yang totalnya hanya berjumlah 4 orang, kamu bisa menyewa mobil city car seperti Karimun, Ayla ataupun Agya yang memang memiliki harga lebih murah daripada menyewa mobil SUV (Sport Utility Vehicle) seperti Fortuner, Pajero Sport atau Land Cruiser yang tergolong mobil mewah dan mahal.
Jadi pastikan terlebih dahulu, siapa saja yang akan ikut berlibur sebelum melakukan penyewaan mobil.

4. Ketahui Kisaran Harga Sewa
Ada baiknya kamu mengecek kisaran harga sewa kendaraan dari masing-masing jasa rental mobil. Selain untuk menghindari dari kenaikan harga untuk wisatawan yang tidak wajar, kamu juga bisa memastikan mobil apa yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.


Perusahaan rental mobil biasanya menyewakan mobil city car seperti Honda Jazz, Toyota Agya atau Toyota Agya harga sewanya mulai dari Rp 250.000 per hari, untuk SUV seperti Honda CR-V, Pajero Sport atau Mitsubishi Outlander Sport harga sewanya mulai dari Rp 500.000 per hari sedangkan untuk MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Calya atau Toyota Avanza harga sewanya mulai dari Rp 350.000 per hari.

5. Lepas Kunci Atau Menggunakan Supir
Biasanya perusahaan penyewaan mobil menyediakan layanan lepas kunci bagi kamu yang memiliki SIM A atau bisa mengemudikan mobil. Ada juga yang turut menyediakan supir bagi kamu yang tidak bisa menyetir atau tidak memiliki keluarga yang bisa menyetir.
Kedua layanan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk lepas kunci kelebihannya, kita bisa lebih bebas saat menggunakan mobil sedangkan jika menggunakan supir kita tidak usah pusing mencari alamat lokasi tujuan wisata, karena biasanya supir yang disediakan sudah menghafal lokasi serta jalan-jalan yang ada di kota wisata.


Kekurangannya untuk lepas kunci, jika kita terjadi sesuatu pada mobil sudah pasti kita akan bertanggung jawab seperti tidak sengaja menabrak atau ditabrak yang membuat mobil penyok ataupun tergores. Dan jika menggunakan supir, kita harus memastikan stamina sang supir. Jika kita ingin mengeksplor kota seharian penuh hingga tengah malam, namun ternyata supir yang kita sewa sudah lelah dan mengantuk.
Sudah pasti kita akan memaksakan sang supir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

6. Cek Kondisi Kendaraan
Ini satu hal yang sangat penting. Saat menyewa kendaraan, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak jalan. Pastikan tidak ada cacat apapun baik di dalam mobil maupun di body luar mobil, jika ada segera laporkan kepada petugas rental.
Cek juga kondisi rem, air, aki mobil, ban dan mesinnya sehingga tidak akan terjadi hal-hal seperti mobil mogok ataupun pecah ban.
Jangan lupa untuk mengecek kelengkapan STNK mobil, apakah platnya sesuai dan pajaknya tidak mati.

7. Baca Persyaratan Yang Diberikan
Pihak perusahaan pengelola rental mobil, biasanya memberikan syarat tertentu untuk penyewa mobil. Pastikan syarat yang ada tidak merugikanmu saat mengembalikan mobil.
Selain itu perhatikan sistem harga yang diberikan. Apakah biaya yang kamu keluarkan untuk satu hari full atau terbatas sampai jam tertentu.


Nah diatas merupakan tips-tips yang bisa kamu gunakan saat akan menggunakan jasa rental mobil. Telitilah sebelum memilih perusahaan jasa rental mobil, dan ada baiknya jika kamu menanyakan referensi dari teman atau keluarga.

Leave a Reply