Sering Mengirim Barang Antar Pulau atau Provinsi? Yuk Cek Tips Berikut!

Sering Mengirim Barang Antar Pulau atau Provinsi? Yuk Cek Tips Berikut!

Saat ini perkembangan teknologi di Indonesia cukup pesat, salah satunya terbukti dengan semakin banyaknya online shop baik dalam skala besar maupun kecil. Belum lagi platform e-commerce juga semakin menjamur yang tentunya sangat membantu para pengusaha online untuk memasarkan barang dagangan mereka. Menurut laporan Bank Indonesia yang dilaporkan pada tahun 2018 lalu, transaksi jual beli online mencapai Rp 77,766 triliun.
Tingginya transaksi jual beli online, tentunya menuntut para pengusaha untuk terus menyuplai barang dengan cepat agar pelanggan tidak beralih ke toko online lainnya. Karena itu, para pengusaha online harus pintar-pintar dalam menyuplai barang salah satunya dengan memilih jasa cargo yang cepat dan terpercaya. Jasa cargo dapat membantu kalian untuk mengantarkan persediaan barang-barang dagangan dengan cepat dan aman.
Cargo adalah barang yang diangkut untuk kepentingan komersial yang biasanya menggunakan kapal, kereta api, truk atau pesawat terbang.
Namun, untuk memilih jasa cargo juga tidak bisa sembarangan karena ditangan mereka lah kalian mempercayakan barang dagangan kalian. Karena jika tidak teliti maka bisa saja barang yang kalian kirim akan mengalami keterlambatan atau bahkan tidak pernah sampai.
Nah berikut ini, Boska yang merupakan jasa ekspedisi makassar berikan tips bagi kalian yang ingin mengirim barang antar kota atau provinsi menggunakan jasa cargo.

  1. Cari Jasa Cargo Berdasarkan Review Yang Ada
    Bagi kalian yang baru pertama kali ingin berkirim barang menggunakan cargo, ada baiknya kalian membuat daftar jasa cargo apa saja yang ada dan terpercaya. Dari daftar yang ada, carilah review dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Jika ekspedisi yang berada di daftar ada yang memiliki review buruk, maka hapus jasa ekspedisi tersebut dari daftar.
    Kalian juga harus mengecek apakah jasa cargo yang berada di daftar memiliki customer service yang mudah untuk dihubungi jika sewaktu-waktu kalian membutuhkan bantuan atau ingin menanyakan informasi.
    Jangan lupa, cek legalitas perusahaan jasa cargo yang akan kalian gunakan. Jangan sampai kalian menggunakan jasa cargo ilegal yang tentunya akan merugikan kalian sendiri.
  2. Cek Layanan dan Jangkauan
    Jika ingin mengirim barang antar pulau atau provinsi, kalian harus mengecek jangkauan dari jasa ekspedisi yang ingin kalian gunakan. Apakah jasa cargo atau ekspedisi tersebut menjangkau daerah kalian atau tidak. Karena ada beberapa jasa cargo yang tidak dapat menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.
    Selain itu, kalian juga harus mengecek apakah jasa cargo tersebut menyediakan layanan door to door atau door to port. Layanan door to door adalah layanan pengiriman langsung ke tempat tujuan sedangkan door to port adalah layanan pengiriman yang hanya mengirimkan barang sampai ke pelabuhan atau terminal terdekat.
  3. Gunakan Jenis Cargo Yang Sesuai Dengan Kebutuhan
    Untuk pengiriman barang ada 3 jenis cargo yaitu cargo laut, cargo udara dan cargo darat. Jika kalian membutuhkan pengiriman barang antar pulau dengan cepat, maka pilihlah jasa cargo udara. Namun jika kalian mengirim barang dalam jumlah besar, kalian bisa menggunakan jasa cargo laut.
    Untuk cargo laut, biasanya menyediakan pengiriman barang dalam jumlah besar seperti pengiriman via container. Jika kalian melakukan pengiriman via laut, kalian juga harus memastikan jadwal dan lead time yang jelas dari pihak cargo sehingga bisa membantu kalian untuk memonitor atau membuat jadwal pengiriman.
  4. Cek Biaya Kirim
    Bagi yang baru pertama kali menggunakan jasa cargo, biasanya mencari jasa pengiriman barang termurah. Tidak ada salahnya memang, karena banyak juga jasa cargo yang menyediakan harga murah namun tetap mengutamakan kualitas.
    Namun ada baiknya, kalian mengecek volume dan juga berat barang yang akan dikirimkan. Karena biasanya barang dengan yang tidak terlalu lebar namun berat akan dihitung berdasarkan berat dan jika barang memiliki lebar yang cukup besar namun ringan, akan dihitung berdasarkan volume.
    Kalian juga bisa menanyakan apakah biaya yang kalian keluarkan sudah mencakup semuanya seperti pengemasan barang, dan sudah termasuk bongkar muat atau tidak. Hal-hal tersebut wajib kalian tanyakan untuk mencegah kesalahpahaman mengenai biaya.
  5. Periksa Barang Yang Akan Dikirim
    Ini satu hal yang penting untuk diperhatikan khususnya bagi kalian yang memilih cargo atau ekspedisi udara, kalian harus menginformasikan apakah barang yang dikirim masuk ke kategori barang pecah belah, cairan atau barang yang mudah terbakar.
    Isi dan lengkapi formulir pengiriman dan beri keterangan mengenai kategori barang yang akan dikirim. Karena jika kalian menginformasikan mengenai kategori barang yang dikirim, maka pihak cargo atau ekspedisi akan memperlakukan barang kalian secara khusus.
  6. Asuransi Pengiriman
    Asuransi merupakan satu hal penting bagi kalian yang ingin mendapatkan jaminan keamanan barang. Jika nilai barang kalian tinggi, ada baiknya kalian menggunakan asuransi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang rusak atau bahkan hilang.
  7. Periksa Berkas Pengiriman
    Saat barang akan dikirimkan atau sudah selesai dikirim, kalian akan mendapatkan tanda terima dan juga surat jalan. Disini, kalian harus memeriksa surat jalan yang ada apakah sudah sesuai dengan kesepakatan awal. Serta periksa tanda terima saat menerima barang, apakah barang yang sampai sesuai dengan apa yang ada di tanda terima. Jangan sampai kalian mengalami kerugian karena lalai saat mengecek berkas pengiriman.
  8. Tracking Barang Yang Dikirim
    Perusahaan jasa cargo terpercaya, pastinya akan memberikan resi pengiriman yang nantinya bisa kalian cek atau tracking di website atau customer service jasa cargo tersebut. Nomor resi juga satu hal yang penting, agar kalian bisa mengetahui status barang yang sedang dikirim apakah sudah sampai di kota tujuan atau masih dalam proses pengiriman.
  9. Gunakan Label Khusus
    Meskipun kalian sudah menginformasikan kategori barang yang dikirim, ada baiknya kalian menempelkan label khusus pada barang guna menghimbau pihak cargo agar lebih berhati-hati terhadap barang yang dikirim. Jika mengirim cairan, berikan label jangan dibalik dan jika mengirim barang pecah belah, berikan label jangan dibanting.
  10. Gunakan Packing Yang Aman
    Untuk barang pecah belah atau cairan, gunakan packing yang aman seperti packing kayu, bubble warp atau kardus untuk memastikan barang yang dikirim terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemilihan packing yang aman serta pemberian label akan memberikan keamanan ekstra terhadap barang yang dikirim.
    Boska Transportama merupakan jasa cargo terpercaya sejak 2013 yang menyediakan berbagai macam layanan cargo seperti Cargo Project, Cargo Express, pengiriman alat berat, pengiriman kendaraan, moving and relocation serta penyewaan container. Boska Transportama jasa pengiriman murah dapat mengirimkan barang ke berbagai provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Banda Aceh, Denpasar, Medan, Pangkalpinang, Batam, Kupang, Jambi, Makasar, dan kota lainnya di Indonesia.
    (Pen:Elvirarnld)

Leave a Reply